5 hal yang sering menjebak kehidupan manusia di dunia - imanpedia 5 hal yang sering menjebak kehidupan manusia di dunia

5 hal yang sering menjebak kehidupan manusia di dunia


Kenapa hidup disini disebut dengan kehidupan dunia, karena sifatnya begitu singkat mendekatkan anda pada kematian untuk berpindah. Nih kalo anda pindah hari pindah hari bukan semakin jauh dari kematian tetapi semakin dekat dengan kematian. Karena ke unikanya yang kita rasakan adalah semakin cepat kaya nya baru kemarin ya kita ketemu sekarang udah ketemu lagi, kayanya baru lulus sd sekarang udah mau nikah aja, kayanya baru kemarin nikah tapi udah punya anak dua, kayanya baru kemarin kemarin dan seterusnya terus saja begitu itulah sifatnya dunia.

Karena itu sifatnya pun akan terjalani lewat lima aktifitas kalo di rasakan menyenangkan. Semua yang menyenangkan di dunia ini sifatnya singkat dan dekat itu cuman lima hal. Dan lima inilah yang sering menjebak kehidupan manusia sehinnga dia tidak punya persiapan bekal untuk mencapai ke abadian di akhirat yang sifatnya kekal selanjut nya.

1.Ada orang yang sangat bahagia terlibat dengan permainan, main terus kerjaan nya ada yang di olahraga, maen keluyuran dan lain sebagai nya. Dan mereka sangat menikmati itu banyak orang yang hidup nya di dunia kerjanya cuman main terus? Banyak, dari mulai permainan yang benar secara hukum dunia sampai yang tidak benar atau haram misalnya maen judi, bermaksiat, dan lain sebagai nya.

Dan ada sesorang yang menikmati yang haram ada, di tawari yang halal malah milih nya yang haram, sama seperti orang yang di kasih pakaian tapi di buka buka, sifat pakaian itu untuk menutup bukan untuk di buka buka. Pakaian itu fungsinya untuk menutup, begitu di pake malah di buka buka, ada yang sampai di sobek sobek lagi, kalo hanya untuk membuka pakaian ada yang lebih hebat yaitu hewan.

Dan kalo hewan itu di kasih pakaian pasti dia risih karena biasanya tidak memakai pakaian. Sudah tempatkan sesuatu pada tempatnya dunia pun tempatkan pada tempatnya, jangan dunia kemudian di bawa ke arah yang sifat nya sebetulnya sifat akhirat, di bawa ke dunia ya kan ganyambung sama dengan sifat dunia yang mau di bawa ke akhirat pasti ga nyambung.

Sifat akhirat abadi mau di tempatkan di dunia ngga akan nyambung karena kita akan meninggalkan nya. Maka di dunia ini tidak ada yang abadi, maka di sini banyak orang yang terjebak dalam permainan, hidup nya cuman main terus sampai lupa waktu dan kewajiban nya sebagai seorang manusia. Sampai turun hadits kutsi, kata Rasulullah saw menyampaikan wahai hamba hamba ku aku ciptakan kamu itu untuk ibadah, jangan banyak main nya sebab ibadah itu buat bekali kamu nanti pulang ke akhirat nanti. Sebab akhirat sifatnya lain maka ngga bisa di pake bekal dunia karena alam nya berbeda kita saja di dunia punya sifat berbeda beda, tempat satu dengan yang lain nya tidak sama.

Seperti misalnya kita mau ke thailand apakah kita pikir di sana sama seperti di indonesi? Tidak, bekal yang di bawa beda sifat orang orang ya pun beda, cara masuk kenegaranya beda, sekarang kita pengen ke surga pengen sama di dunia maka itu bisa di bilang mimpi. Bangun dari mimpi liat keadaan kita mesti berubah kata Allah swt dan saya ciptakan kamu buat ibadah, kalo kamu terjebak pada permainan dunia, kalo banyak main nya aku kawatir kamu saat pulang ke akhirat tidak bahagia. Di dunia misalnya liat anak bahagia, liat cucu bahagia, liat sodara bahagia itu permainan pasti bahagia, tapi kalo kamu ke akhirat tidak punya bekal apa apa kamu berpisah nantinya.

Bapak ke surga anak ke neraka, istri ke surga suami ke neraka, anak ke surga bapak ibu ke neraka. Apa kita tega melihat keluarga kita berpisah nanti di akhirat, sedangkan kita yakin akan ada surga yang menanti, kita yakin akan ada neraka, kita yakin akan ada kematian, kita yakin akan ada kuburan bahkan kita pernah menyolatkan kawan kita yang sudah meninggal mengantarnya ke kuburan, pertanyaan nya kita yakin wafat tapi tidak siap siap dengan bekal wafat kita tenang tenang saja se akan akan kematian masih jauh dari kita. Kita yakin ingin ke surga tetapi kita mengerjakan amalan yang menjauhkan kita dari surga.

Kalo kamu benar benar ibadah aku telah tetapkan Rejeki mu, kamu jangan kawatir rejeki kamu itu sudah tetap tetapi surga kamu yang belum teratur. Rejeki kamu tetap sebelum kamu wafat sudah aku berikan tidak ada orang wafat yang tidak mendafatkan rejekinya. Semua di berikan, jangan takut kata allah engkau kerjakan ibadah karena aku, aku jadikan kecil dunia untukan untukmu itu sangat mudah bagi Allah swt. Tetapi kalo engkau berpaling dari ku dan bermain main dengan dunia, maka aku akan jadikan engaku tertunduk untuk mencari dunia.

Dua puluh empat jam terus terusan mencari dunia sampai lupa dengan Allah, aku tundukan engkau cape dalam urusan dunia dan engkau tidak akan mendafatkan apapun dari Rejeki itu. Kecuali sesuai dengan apa yang telah aku tetapkan. Misalnya aku berikan uang 3 m kamu akan merangkakpun anda akan terus habiskan waktu untuk dunia dapetnya cuman segitu gitu aja ngga akan nambah kata Allah swt. Cukup sudah bermain apalagi apalagi kalo mengerjakan perbuatan yang tidak ada manfaat nya, bolak balik luntang lantung kesana kesini, siang malam cuman gitu gitu aja ngga ada pekerjaan yang di kerjakan jadi duniapun tidak di anggap benar.

2.Sesuatu yang tidak ada manfaatnya dan ngga ada isinya misalnya ngorbrol sana sini ngga ada isi nya, cerita cerita ngga ada isinya, dari pada lisan di bawa ke cerita yang ngga ada manfatnya kenapa ngga bisa di pake untuk membaca Al-Quran, kenapa ngga di pake Dzikir, apa kita sibuk membuat tertawa orang lain sehingga sesuatu saat anda di tertawakan. Ayo silahkan sibuk bikin tertawa orang lain bikin cerita itu cerita ini  semua sampai laki laki jadi perempuan, perempuan jadi laki laki, begini begitu begini begitu. Demi allah saya katakan ayo luaskan rumah anda hektaran kalo bisa bangun se megah megah nya. Begitu ketika anda meninggal rumahnya hanya sebatas kuburan. Sesekali kali anda main ke kuburan supaya anda tau tempat berpulang nya hanya segitu.

Sekarang anda luaskan urusan dunia sampai anda tidak mempunyai perbekalan ke akhirat nanti. Kalo anda hanya ingin main main saja silahkan bikin tertawa orang lain sampai lupa suatu saat anda akan di tertawakan oleh orang lain. Untuk anda yang senang nya cuman ngobrol ngobrol cuman kumpul kumpul ngga jelas yang di bicarakan itu apa, cuman kumpul kumpul bicara kesana kesini ngga ada maknanya ngga ada manfaatnya sama sekali. Kata allah kalo orang kerjaan nya cuman gitu aja anda tidak akan punya nilai di sisi Allah swt.

Di samping itu masih banyak orang orang yang menikmati itu, dan dia bahagia dengan itu. Misal kumpul cuman ngobrol aja ada yang meroko ada yang ngegosip ad yang ini yang itu, ada yang macam macam cuman ngobrol aja dan uniknya sebagian orang menikmati itu. Kalo Allah sebutkan itu ada itu pasti terjadi dalam kehidupan. Ada yang menikmati permainan? Ada, ada yang menikmati kumpul kumpul ngga jelas? Ada, dari perempuan sampai laki laki berapa banyak perempuan kumpul kumpul untuk ngegosip, ngomongin orang dari sejak jaman dulu sampai sekarang itu sudah ada. Dan dari jaman nabi yusuf sosialita yang senang kumpul kumpul itu sudah banyak, ada di dalam surat yusuf “ketika kemudian mereka berkumpul kumpul bergosip di rumah perempuan istrinya al azis itu, sampai mengatakan duh istri pembesar ko selingkuh, cuman buat ngobrolin itu aja kedengaran dan di undang, ketika di undang masuk nabi yusuf dan masuk ini si bukan manusia tetapi malaikat yang sedang menyamar sebagai rupa manusia.

Dan tanpa sadar mereka sedang mengiris buah maka terilis lah tangan nya. Sejak dari jaman nabi yusuf sudah banyak wanita berkumpul kumpul dan bergosif dan itu di cela oleh Al-Quran. Laki laki juga sama dari jaman nabi muhamad sudah banyak yang berkumpul tidak ada manfaat nya, Dan terlalu mahal kata kata kita untuk membahas sesuatu yang tidak ada manfaatnya sama sekali. Jadi kumpul cuman cela, orang gosipin orang, kadang macam macam, dan itu kemudian di larang oleh Al-Quran.

Hei orang orang yang beriman jangan sama dengan yang belum beriman jangan saling cela. Karena cuman kumpul buat nyela orang saja. Hei orang orang beriman jangan sama dengan orang yang belum beriman jangan bergosip, jangan mengeluarkan kata kata yang tidak bermanfaat. Jangan bicara kan orang, apa kalian mau saat kalian bergosip saya ciptakan dari tubuh yang kalian gosipkan berbentuk bangkai. nanti di akhirat minta dan makan itu yang kalian gosipkan sedangkan kalian tidak menyukai nya. Bonus nya, bonus keburukan nya adalah begitu di bicarakan pindah pahala nya pada orang yang di bicara kan. Dan paling dasyat nya sekarang banyak orang yang mau perivasi nya di umbar umbar.

3.Zina, gaya gayaan memperbaiki penampilan kadang berapa banyak orang itu tampil mencari pekerjaan hanya untuk gaya gaya saja. Update setatus, meningkatkan setatus sosial dalam kehidupan, bahkan sekarang penghormatan orang di tentukan oleh setatus, bukan nilai nilai ke baikan yang positif, dulu itu kebaikan positif yang menentukan, tetapi sekarang berbeda setatusnya kalo dia makan kaya makin di hormati orang, makan populer makin di hormati dan di kenal orang, makin nyeleneh makin di hormati, maka kadang kadang yang paling berbahaya adalah ada orang yang mempertahankan setatusnya gaya nya maka yang seperti itu akan menjadikan kehidupan nya sulit.

Ingat baik baik ada sementara orang yang menikmati tampilan dalam bergaya dan dia seneng begitu saja dan menikmatinya, liat masa allah pake mobil ini itu dan dia merasa nikmat dan kata Al-Quran nih kesenangan sementara yang menipu. Begitu anda terangkat seakan akan dunia datang kepada anda begitu hilang popularitas anda ini yang jadi persoalan. Zinatun gaya dalam fisika hukum gaya berbanding lurus hukum faskalis dengan tekanan, rumusnya F berbanding lurus dengan p, gaya berbanding lurus dengan tekanan, semakin banyak gaya maka semakin tertekan. Nih kalo orang yang sudah kehilangan sumbernya pasti energinya hilang sudah ga ada, supotnya udah ngga ada, uang nya udah ngga ada tetapi gaya masih di pelihara maka tekanan akan muncul menghantui anda.

Itulah yang menjadikan bahkan bisa menjadikan diri anda sendiri di jual kepada orang lain dan seterus nya. Dan yang seperi itu kita doakan dan bawa lagi ke dalam kebaikan bukan di olok olok ke dalam keburukan. Misalnya ada orang yang sedang mengalami kesusahan dia langsung di tampakan supaya berubah Allah tampakan itu karena Allah sayang kepada kita dan supaya kita berubah. Jangan sampai kamu meninggal dalam ke adaan demikian bertaubat, eh anda malah membantu dia untuk merenungi dan mendalami apa yang di rasakan sehingga seakan akan dia berfikir seakan akan tidak berguna dalam kehidupan nya. Di angkat bukan malah di dorong ke dalam ke burukan. Bangun malam tahajud, ya Allah berikan aku hidayah, ya allah berikan aku ketenangan, keberkahan dan berikan dia kesadaran berfikir supaya dia bertaubat. Maka bantu dia bertaubat dorong supaya melakukan kebaikan sujud minta kepada Allah begitu dia bertaubat masya allah berubah mungkin dia menjadi perempuan yang sangat mulia di hadapan Allah swt.

Bukankah ada seorang perempuan yang di hinakan pada waktu dulu karena dia memberi makan anjing dan kemudian dia bertaubat dan surga baginya. Bahkan ada yang mengatakan dari batok kelapa dan dia mengAmbil air dan di beri minumlah anjing itu begitu tulusnya, ketika anjing itu berjalan dia berfikir, anjing yang hina aja ketika dia mendafatkan air dia bisa tumbuh seger kembali. Kenapa saya yang bukan binatang tidak berubah. Saya harus berubah katanya, saya harus semangat lagi, maka dia bertaubat di hadapan Allah swt dan taubatnya itulah yang menghapus dosa dosa nya di waktu dulu. pemberian minum kepada anjing dengan iklas yang sedang ke ausan menjadikan amalan baru bagi dia, dan itu yang mengantarkan dia ke surga.

4.Saling berbangga bangga, kumpul kumpul hanya untuk bangga banggan saja update setatus sosial supaya di anggap naik level jadi hebat mulia untuk apa, supaya saya di kenal oleh semua orang misalnya ipk nya tertinggi kerja untuk seatatus terangkat, di pandang hebat oleh orang, di pandang sukses oleh orang. Kalo hanya pekerjaan kita hanya untuk mengangkat dan merubah setatus anda maka kita tidak pernah terpikir untuk mendafatkan Ridho Allah swt maka anda sedang tertipu dengan urusan dunia.

Dan semua nilai pekerjaan anda tidak akan ternilai di hadapan Allah swt. Padahal yang paling hebat seorang lelaki ketika dia mencari nafkah dan di niatkan karena Allah maka setiap langkah pertama nya itu sudah di hitung sebagai pahala oleh Allah swt. Ibu juga demikian, kalo anda benar mengerjakan itu bukan hanya di catat sebagai pahala, kata Allah jangan kan kamu keluar menginjakan kaki sebelum berangkat saya datangkan rejeki untukmu.

5.Kehidupan di bumi ini serasa paling bahagia, di dunia itu sekarang terasa mengembirakan menyenangkan. Kalo apa?harta, Kalo harta itu bisa bertambah, keturunan itu bisa bertambah, jadinya lomba harusnya memperbanyak urusan akhirat malah memperbanyak harta urusan dunia, dan sekarang hampir semua propesi yang kerja ngumpulin harta, bahkan yang paling bahaya ketika seseorang mendakwahkan urusan akhirat tujuan nya untuk dunia ini yang paling bahaya. Sekarang coba renungkan betapa banyak orang merasa bahagia karena harta nya itu terkumpul banyak. Sekarang ukuran bahagia adalah harta.

Demikan lah dan semoga kita semua bisa terhindar dari sifat sifat dunia yang menipu daya dan semoga kita selalu di berikan jalan yang benar oleh Allah swt. Aamin



0 Comments