12 tips dan trik supaya rejeki kita lancar - imanpedia 12 tips dan trik supaya rejeki kita lancar

12 tips dan trik supaya rejeki kita lancar



Sudah menjadi watak dunia gampang tertimpa kerisis berganti layar dan berubah ubah. Tidak ada sesuatu yang permanen, tidak ada sesuatu yang konstan di dalam kehidupan. Dan ada delapan perkara yang mau tidak mau akan terus menghantui, membuntutin dan menimpa setiap manusia. Dan mau ga mau itu akan mereka dapati.

Yang pertama adalah “sururun wa hussnun” Ada gembira ada sedih, “usrrun wayusrun” ada mudah ada sulit, “sihatun wa sukrun” ada sakit ada sehat, terus kemudian ada kaya juga ada miskin. Kekayaan dan kemiskinan adalah semata mata ujian, menjadi orang kaya juga ujian menjadi orang miskin juga ujian. Maka bagi seorang muslim kaya sukur miskin sabar suatu kebaikan apalagi kaya sabar miskin sukur. 

Dengan demikian seorang mislim ketika sekarang lepas konci atau lepas rejekinya bukan terpaku di dalam satu penyesalan dan tidak boleh putus asa. Sehingga bergembira “faamal insanu idha maptalahu rabbu pa’akhromau wa’anamau payakulu rabbi akraman”  senang ketika mendapatkan harta, “wa’ama idha maptallahu paqadha allaihi riskau payaqulu rabbi ahanan” sedih bahkan menyalanyalakan Allah dan ketika rejekinya turun bahkan lepas. Bahkan seorang muslim harus mau dan mampu mencari kunci kunci rejeki yang telah hilang. 

Adapun kunci kunci rejeki yang  bisa mengembaliakan lagi dan membuka gudang gudang pembendaraan yang telah di berikan dan di janjikan oleh Allah kepada orang yang telah menemukan kuncinya sebagai berikut.

1.Doa


Dimana Allah telah menegaskan “uda’uni astabjiblaqum” bordoalah kamu aku akan mengabulkannya. Apalagi Rasulullah saw menegaskan, “a’doauhu wallibadat” doa adalah ibadah sehingga Allah swt juga di dalam hadist kutsinya mengatakan “yaibadi kulukum jai’un” setiap kalian lapar, “illa’man aptuhu” kecuali yang aku berikan, mintalah makan kepadaku maka aku akan berikan makan itu. 

Artinya bukan berarti Allah akan memberikan satu dua piring nasi kontan tidak, maksudnya adalah berdoalah kamu kepadaku untuk meminta makan di penuhi Rejeki banyak sekali Rasulullah mengajarkan kita berdoa di antaranya adalah doa kemiskinan supaya jauh dan kekayaan datang. Ya allah bayarlah hutang hutang saya dan cukupkanlah kami dari kemiskinan. Ini sungguh sangat di sayangkan doa itu mudah murah dan kata Rasulullah siapa yang tidak minta kepada Allah, Allah marah ini sangat di sayangkan ketika kita sedang jatuh dan terpuruk rejeki kita malah putus asa dan tidak berdoa.

2.Istigfar


Istigfar merupakan salah satu pembuka kunci Rejeki yang paling dasyat sehingga ketika Nabi nuh a.s. merayu mengajak dengan lemah lembut kaumnya agar mengikuti dakwah nya, agar kembali kepada Allah apa yang di katakan Nabi Nuh a.s. “fakultustagfiru rabbakum innahukana ghofara” maka aku katakan kepada kalian beristigfarlah kalian kepada Allah sungguh tuhan kalian itu maha pengampun. Nanti wahai kaumku kalo kamu beristigfar kepada Allah dan taubat Allah akan kirim kan hujan sebagai pokok asas sumber berbagai macam Rejeki. 

Kemudian Allah swt akan bikin ladang ladang kita subur, kemudian sungai sungai mengalir Rejeki kita melimpah dan anak anak kita juga banyak. Ini adalah asas daripada Rejeki, dengan demikian pernah ada orang yang datang kepada Alhasanun basri wahai imam saya itu sudah nikah lama tapi belum juga mendapatkan keturunan atau anak, lalu kata beliau beristigfarlah dan berdoalah kamu kepada Allah swt. 

Kemudian yang lainnya wahai imam saya hidup selalu dalam keadaan susah perbanyaklah istigfar, wahai imam saya ini terpuruk usaha saya banyak tertimpa utang, beliau juga mengatakan perbanyaklah istigfar. Akhirnya orang di sampingnya bertanya ini ba nyak orang yang menanyakan tentang sesuatu jawaban nya hanya tetep satu dia menyatakan saya tidak menjawab dari otak dan perut saya, tetapi dari firman Allah, berbanyaklah istigfar. Itu dasyatnya istigfar.

3.Taubat


Kita tau semuanya beberapa kondisi atau bisa kita katakan semua dosa selalu mengakibatkan efek buruk di dunia baik di Akhirat. Dan Berarti taubat itu mendatangkan Rejeki kemudian sesungguhnya ada seorang hamba yang di halangi dari Rejeki karena dosa yang ia lakukan. 


4.Bersukur 


Bersukur kepada nikmat Allah, Sukur artinya itu akan menambahi nikmat bahkan kata publ bin iad berbanyaklah kalian berbuat sukur karena berapa banyak nikmat nikmat kita yang sudah hilang bisa kembali dengan kita bersukur kepada Allah swt. 

Dan ini menunjukan bahwa kita bersukur kepada Allah dengan pertama mengucapkan Alhamdulillah mengakui nikmat itu datang dari Allah dan mengalukasikan nikmat itu pada tempatnya akan mengembalikan rejeki rejeki kita yang lepas dan kunci kunci kita akan terbukanya. 


5.Beriman dan bertaqwa 


Kita semuanya tahu bahwa keberkahan langit dan bumi hanya bisa diturunkan oleh Allah melalui iman dan taqwa. Dan kalo seandainya penduduk negri ini beriman dan bertaqwa maka aku akan buka kan keberkahan dari atas langit dan juga kami akan alirkan keberkahan dari bawah bumi, subhanallah. 

Dengan demikian yang dimaksud dengan keberkahan dari langit adalah hujan, karena itu pangkal sumber dari seluruh kebaikan kebaikan sumber rejeki. Karena dengan hujan tanaman tanaman tumbuh, dengan hujan bumi segar, dengan hujan orang semangat kerja. Dan berkah dari bumi adalah tumbuh tumbuhan dan buah buahan.

6.Berihtiar dan bertawakal 


Berihtiar dan bertawakal kepada Allah swt, intinya kita semuanya paham tawaqal adalah suatu perkara ibadah hati yang dikatakan oleh para ulama pasrah hati mengeerahkan tangan artinya kita pasrahkan hati kita kepada Allah swt tapi kita kerahkan kaki dan tangan kita untuk usaha. 

Itu adalah tawaqal yang benar benar sehingga “wama ya tawaqal ta’allah pawahasbu” barang siapa yang bertawaqal kepada Allah, Allah pasti akan mencukupinya. Makanya Rasulullah saw juga menegaskan “lau’anakum ta tawaqaluna ala’llahi hako tawaqulih larajaqaqum kamayarjuqum thoir” sehingga pernah ada seorang sahabat yang ingin masuk masjid kemudian bertanya kepada Rasulullah saw. 

YaRasulullah ini onta kita tali kemudian kita masuk masjid tawaqal kepada Allah, apa lepas masuk masjid bertawaqal kepada Allah. Rasulullah menjawab talilah kemudian kamu bertawaqal kepada Allah. Ini hakikat daripada tawaqal, dan tawaqal sebaik kunci rejeki kita.

7.Rajin ibadah dan istiqamah 


Kata Allah wahai hambaku berkonsestrasilah kamu beribadah kepadaku aku akan berikan dada kamu itu penuh dengan kekayaan dan aku tutupi kemiskinan mu Ini janji Allah. Allah tidak akan bakal menyelisihi janjinya. Kalo seandainya mereka itu lurus di dalam beribadah kepada Allah maka aku akan berikan siraman air yang begitu deras. 

Dan jika mereka beriman akan kami luaskan kepada mereka keduniaan dan kami berikan kepada merka harta kekayaan yang banyak. Karena disini di ungkapkan oleh Allah ma air, dari Air itu akan menjadi pengurai segala rejeki sehingga Allah memberikan sampel kemurahan rejeki, simbol kemurahan rejeki dengan air menunjukan bahwa Allah akan memberikan rejeki kepada orang orang yang khusu ibadahnya konsent dan istiqamah.


8.Mengiringi haji dan umrah 


Ikutilah antara haji dan umrah, susul menyusul karena keduanya itu akan melenyapkan kemiskinan dan dosa seperti melecapkanya padai besi, kotoran besi, emas dan perak. 


9.Silaturahmi 


Kata Rasulullah barang siapa yang ingin di luaskan rejekinya dan di panjangkan umurnya maka hendaklah kamu bersilaturahmi dan itu faktual dengan kita bersilaturahmi jelas ko, dari mulai kita bertamu ketempat sodara, kita ketempat paman kita, ade kita, kaka kita, sukwanya pasti ada. 

Pulang kadang di bekali uang belum lagi dapat solusi solusi pekerjaan, peluang peluang bisnis, minimal dapat pinjaman. Oleh karena itu kita buka silaturahmi kita dengan siapa pun jangan sekarang sudah terpuruk kita hanya terkungkung di dalam rumah di atas kesedihan dan penderitaan seakan menjadi manusia paling nista di dunia jangan. 

10.Berbuat baik kepada orang orang lemah


Kejarlah aku kata rasul didalam menyantuni orang orang pakir, miskin, lemah diantara kalian. Karena kata Rasulullah, kalian itu di bantu oleh allah, kalian itu di berikan rejeki oleh Allah berkat menyantuni orang orang lemah di antara kalian.

11.Inpaq di jalan Allah 


Inpaq di jalan Allah misalnya membangun mesjid, melengkapi sarana prasarana dakwah, membangun pesantren, yatim piatu, semuanya ini fisabilillah. Dikatakan oleh allah swt adalah apa apa yang di inpaqan dari kebaikan pasti Allah mengetahuinya. Dan ga mungkin cuman tau saja. 

Maksudnya Allah mengetahui menghargai memulyakan bahkan membalasnya karena tidak akan bakal kurang karena hartanya di sedekahkan. Yang bikin takut itu adalah setan aja, dan setanlah yang membuat kalian itu takut. 

Miskin nanti kalo kamu inpaq akan bakal tambah miskin kalo kamu berikan ini kamu akan miskin anak kamu bagimana, sekolah anak kamu bagaimana, kata para ulama semua kalimat “fas’a” itu maknanya keji alias zina kecuali satu, fas’ia di dalam Al-Quran artinya bahil. Surat al baqarah ayat 268.  

Syaitan menjanjikan (menakut nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu melakukan kejahatan (kikir), sedangkan Allah menjanjikan untukmu ampunan daripadanya dan karunia. Dan Allah maha luas karunianya lagi maha mengetahui. (Qs Al-Baqarah : 268) 

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ ۖ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

12.Memberi napkah para penuntut ilmu agama 


Ini merupakan suatu hal yang harus kita tekankan dengan kita memberikan inpaq kepada para penuntut ilmu harta kita akan menjadi tambah dan barakah. Makanya imam abdullah ibnu mubarok ketika di tanya kenapa engkau senantiasa memberikan inpaq kepada orang orang yang menuntut ilmu. 

Apakatanya beliau saya membikin mereka pokus belajar terus mencari ilmu dan tidak terisbukan dengan mencari harta. Itu lebih baik daripada saya aluh kasihkan kepada orang orang yang meminta minta karena kemiskinan orang ahli ilmu itu sangat rapih dan terjaga bahkan tidak kentara, sesungguhnya pakir itu pakih. 

Inilah tips tips atau cara agar rejeki kita lancar, dan semoga ini bisa menambah wawasan kita dan menambah amal bagi kita semuanya. 

0 Comments